News
10 January 2014
Gaun Pengantin Idaman

 

Cara memilih gaun pengantin dan menentukan gaun pengantin yang cocok belum tentu wanita semuanya bisa.Memilih gaun pengantin merupakan hal yang krusial. Satu sisi Anda ingin tampil fashionable dan cantik, namun di sisi lain Anda ingin memasukan kepribadian diri sendiri pada gaun yang dipilih. Lalu bagaimana cara memilih gaun pengantin yang tepat?


Menurut desiner gaun pengantin ternama, Sassi Holford, Anda harus melihat gaun pernikahan dari keluarga kerajaan Inggris untuk mendapatkan contoh yang tepat. Gaun pengantin renda Kate Middleton bisa dikatakan sebagai gaun klasik. Namun gaun pengantin milik Diana, Princess of Wales bisa dibilang 'salah' karena gaun penuh volume itu justru menenggelamkan bentuk tubuhnya yang langsing.

"Pertama, jangan terburu-buru membeli. Sebaiknya dilakukan penelitian terlebih dahulu sebelum membeli. Pikirkan tentang gaya berpakaian dan momen terpenting Anda. Mungkin, Anda bisa menggunakan gaun karpet merah yang ketat tetapi tidak membuat Anda merasa seperti pengantin. Sebaiknya, cari pakaian yang membuat siluet tubuh terlihat luar biasa, pinggul langsing dengan bahu yang lebih luas," jelas Holford, seperti yang dikutip dari Huffingtonpost.

Ellie Sanderson, seorang ahli pernikahan, pemegang penghargaan bridal stylist dan pemilik dua butik bridal terkenal di Amerika mengungkapkan, "Sebagai pengantin, Anda harus memiliki visi yang jelas dan membuat pilihan. Apakah Anda ingin tampak fashionable atau tradisional? Anda dapat membuat 'anggukan' pada fashion terbaru namun tidak terlalu ekstrim."

Pada gaun milik Kate Middleton, jelas bahwa istri Pangeran William itu memilih renda sebagai 'tema besar' dari gaunnya. Jadi tak heran, jika gaun rancangan Sarah Burton untuk rumah mode Alexander McQueen itu tampil dalam padu padan bahan renda yang gaya sekaligus klasik.

Memilih gaun pengantin merupakan salah satu hal utama yang perlu dilakukan saat merencanakan pernikahan. Anda harus mencoba gaun sebanyak mungkin untuk menemukan pilihan yang paling tepat.

Seorang pengantin juga akan tampak lebih elegan dan classy jika memilih gaun yang sopan. Misalnya, mengenakan jaket atau kerudung saat akad nikah atau pemberkatan. Setelah itu, jaket dan kerudung pun bisa dibuka pada acara resepsi. Anda pun bisa berhemat tanpa perlu membeli gaun pengantin yang berbeda-beda.

Hampir semua calon pengantin wanita ingin cepat-cepat membeli gaun pernikahan. Namun sebenarnya, ada banyak hal yang perlu dilakukan terlebih dulu sebelum membeli gaun pengantin. Apa saja?

Menurut Mark Ingram, pemilik Mark Ingram Atelier salah satu bridal salon terkemuka di New York ada tujuh hal yang perlu diketahui dan dilakukan sebelum mencoba gaun pengantin incaran Anda. Seperti yang dikutip dari Huffingtonpost, berikut tips memilih gaun pengantin dari Mark Ingram.

1. Sudah Menentukan Tanggal dan Tempat Pernikahan
"Hal ini sangat penting karena dapat mempengaruhi pilihan gaun pengantin Anda," ujar Ingram. Tanggal pernikahan yang sudah jelas,
akan membantu Anda menentukan gaun yang tepat untuk acara outdoor atau acara indoor, serta menentukan lamanya proses pembuatan atau perbaikan gaun.

2. Tahu Anggaran
Saat melihat gaun pernikahan idaman, banyak calon pengantin yang menjadi 'gelap mata'. Oleh karena itu, Ingram menyarankan agar Anda selalu realistis dengan anggaran yang sudah ditetapkan. "Jika Anda mencoba gaun yang berada di luar anggaran, maka akan sulit menemukan gaun yang cocok dengan harga serta kualitas lebih rendah," tutur Ingram.
Ada baiknya mengetahui cara Menyiasati Biaya Pernikahan 

3. Cari Inspirasi
Cobalah lebih sering mencari inspirasi untuk mengetahui model gaun pengantin yang ingin Anda pakai. "Pastikan bridal salon Anda tahu benar mengenai pilihan Anda dan mampu membuatkannya. Buat janji, dan bawa sobekan kertas atau hasil print dengan gambar gaun yang Anda inginkan," tambah Ingram.

4. Pilih Bridal Salon yang Tepat
Merasa nyaman dengan sanggar atau bridal salon yang Anda pilih adalah hal penting. Jangan ragu untuk terusa mencari bridal salon yang paling membuat Anda nyaman serta sesuai selera dan anggaran. "Ada banyak tempat yang menjual gaun pengantin, mulai dari bridal salon tradisional, butik modern hingga toko online. Carilah yang paling sesuai dengan keinginan Anda."

5. Ajak Kerabat yang Bijak
Saat memilih gaun pengantin, banyak calon pengantin wanita yang mengajak orang tua atau sahabat terdekatnya guna menanyakan pendapat. "Dua orang sudah cukup Anda ajak. Pilih orang yang pendapatnya paling berarti dan benar-benar Anda percaya."

6. Jangan Menunda-nunda
"Jika Anda ingin menghindari biaya yang lebih mahal, sebaiknya jangan menunda waktu untuk mencari gaun terbaik. Saya pikir delapan bulan sebelum pernikahan adalah waktu yang aman. Proses pembuatan gaun terbilang cukup lama, belum lagi waktu perbaikannya," tutup Ingram.


CATEGORY
ARCHIVE